Spread the love

Bali merupakan pulau yang menyimpan sejuta pesona, sehingga sering dijadikan sebagai destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ternyata Bali tidak hanya kaya dengan tempat wisatanya saja, tetapi wisata budaya juga bisa membius para wisatawan yang datang ke pulau tersebut. Bagi yang berkunjung ke pulau Bali pun tidak boleh melewatkan wisata kuliner yang ada di wilayah tersebut. Tidak afdol apabila berwisata ke pulau Bali tetapi tidak berburu makanan khas dari Bali. Untuk kualitas cita rasa dari kuliner Bali sudah tidak diragukan lagi karena memiliki resep yang tetap dijaga secara turun-temurun.

Rekomendasi Kuliner Bali

Bagi beberapa orang yang berburu kuliner di Bali, biasanya mencari kuliner yang tidak terdapat daging babi di dalamnya, terutama umat muslim yang datang ke Bali. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi kuliner Bali yang halal dan bisa dicoba.

  1. Nasi tekor

Nasi tekor merupakan salah satu kuliner Bali yang cukup jarang didengar para wisatawan. Pada dasarnya kuliner ini cukup unik dan menarik karena nasi tersebut disajikan pada tekor atau pincuk, yang merupakan wadah tradisional dari bahan daun pisang yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Nasi tekor ini dijual di wilayah Desa Budaya Kertalangu, dan para wisatawan akan merasakan nuansa makan-makanan di sebuah rumah tua yang dilengkapi dengan hiasan zaman dahulu.

  1. Bebek bengil

Kuliner yang satu ini merupakan salah satu menu bebek goreng crispy yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali maka tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini karena memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan diacungi jempol. Jika ingin mencoba bebek bengil maka bisa datang ke wilayah The Bay Nusa Dua. Ketika makan di tempat makan tersebut maka akan merasakan nuansa seperti di Ubud, apalagi di tempat makan tersebut dikelilingi dengan pepohonan dan memiliki gazebo. Pemandangan fantastik yang bisa dilihat di sini bukanlah pemandangan sawah tetapi akan melihat pasir putih yang khas di Nusa Dua.

  1. Nasi ayam kedewatan

Apabila berkunjung ke wilayah Ubud maka tidak boleh melewatkan kuliner Bali halal yang satu ini, yaitu nasi ayam kedewatan. Bisa dikatakan bahwa kuliner Bali yang satu ini merupakan salah satu kuliner tereksis dan banyak diminati oleh para wisatawan. Ketika menikmati kuliner ini maka bisa menyantapnya di pendopo rumah yang khas Bali dan bisa menikmati nuansa tradisional Bali dengan adanya pekarangan yang sangat luas. Tempat makan ini menyediakan berbagai makanan dengan bahan dasar ayam, tentunya dilengkapi dengan menu lainnya sehingga lebih nikmat.

  1. Bale udang mang engking

Tempat makan ini populer dengan adanya berbagai menu udang yang sangat lezat. Bagi para pencinta udang maka tempat makan ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk diburu di Bali. Ada banyak varian menu udang yang disajikan pada keranjang yang besar, dimana salah satu menu favoritnya adalah Hurang Ageung. Untuk balai udang mang engking sendiri bisa dijumpai di Ubud maupun di Kuta, yang mana kedua tempat tersebut memberikan pengalaman kuliner yang sangat mengesankan di pondokan.

  1. Nasi tempong pink

Pada dasarnya nasi tempong pink merupakan salah satu kuliner khas Banyuwangi di mana dilengkapi adanya lauk pendamping seperti halnya ikan asin, tempe, tahu, bayam rebus, dan sambal. Untuk lauknya pun ada berbagai menu seperti halnya ayam kampung, lele, bebek, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi yang sedang berkunjung ke Bali maka tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini karena sangat unik dan tentunya memiliki cita rasa yang nikmat.

Beberapa kuliner Bali tersebut merupakan rekomendasi kuliner halal yang bisa dicicipi. Jangan lupa untuk berburu makanan khas Bali ketika berkunjung ke berbagai tempat wisata di sana.